Cara Mengendalikan Pengeluaran Menggunakan Keuangan Harian

Dalam mengendalikan keuangan besarnya pengeluaran yang harus sangat diperhatikan agar tidak besar pasak daripada tiang. Apa lagi jika keuangan telah dibagi dengan budget harian, jika tidak dapat mengaturnya dengan baik bisa mendapatkan masalah. Berikut ini cara mengendalikan pengeluaran menggunakan keuangan harian.

1.        Kontrol Biaya Perjalanan

Saat menjalankan bisnis atau usaha seperti makanan maka biaya perjalanan menjadi salah satu pengeluaran yang besar. Anda perlu melakukan kontrol yang baik agar tidak mengalami kerugian. Di mana jadwal pengantarannya bisa diatur dengan sangat baik agar biaya yang dikeluarkan bisa dikurangi.

Selain itu, ketersediaan armada untuk mengantar pesanan akan sangat mempengaruhi biaya perjalanan. Jika Anda memiliki operasional yang banyak pembagian wilayahnya akan jelas dan ini tentu akan lebih mudah melakukan kontrol biayanya.

2.        Penentuan Budget Setiap Divisi

Apapun bisnisnya tentu ada pembagian divisi dengan jobdesk masing-masing. Anda bisa mengendalikan keuangan harian dengan melakukan penentuan budget setiap divisinya. Jadi, bisa dilihat divisi mana yang membutuhkan banyak biaya dan bagian mana yang bisa dihemat pengeluarannya.

Pembagian ini tentunya dengan pertimbangan yang matang dan tidak mengganggu proses pelaksanaan kinerja di lapangan. Anda perlu melakukan rapat evaluasi bersama seluruh kepala divisi agar mengambil keputusan yang tepat dalam pembagian budget hariannya.

3.        Matang sebelum Buka Cabang

Siapa pun menginginkan usahanya bisa berkembang pesat dengan memiliki banyak cabang. Namun, Anda harus sangat hati-hati sebelum membuka cabang agar pengeluaran yang dilakukan nantinya tidak melampaui batas. Perlu pertimbangan yang matang terkait lokasi cabang nantinya.

Jangan sampai setelah mengeluarkan banyak biaya, cabang yang dibuka justru tidak bertahan lama. Ini nantinya akan sangat merugikan Anda dan sangat mempengaruhi kondisi keuangan usaha yang ada. Jadi, pastikan usaha awal sudah matang dan memiliki banyak keuntungan baru membuka cabang lainnya.

4.        Hindari Kelebihan Bayar

Anda harus menghindari melakukan kelebihan bayar atas kebutuhan dari usaha. Sekalipun hanya sedikit lama-lama jika ditotal kelebihan biaya ini juga bisa banyak dan ternyata mempengaruhi sedikit banyaknya kondisi keuangan usaha. Lakukan penghitungan uang dengan benar saat melakukan transaksi agar tidak terjadi kesalahan dengan kelebihan bayar.

5.        Daftar Belanja Operasional

Tak hanya dalam keuangan rumah tangga, di dalam menjalankan usaha Anda juga perlu membuat daftar belanja untuk kebutuhan operasional. Tujuannya ini akan menjadi salah satu gambaran pengeluaran harian yang akan dilakukan secara rutin di tanggal tertentu. Daftar belanja ini akan membantu Anda menemukan barang yang dibutuhkan dengan harga murah.

Sebelum berbelanja siapkan karyawan khusus untuk melakukan pengecekkan stok barang yang masih ada agar tidak membeli barang tersebut, sehingga mencegah penumpukkan barang. Sebab umur simpan setiap barang akan berbeda-beda yang akan membuat Anda rugi jika ternyata barang tersebut sudah kedaluwarsa.

6.        Teliti Membayar Tagihan

Cara mengendalikan pengeluaran berikutnya adalah dengan teliti saat melakukan pembayaran tagihan. Anda harus mengeceknya sesuai dengan tagihan yang ada atau tidak. Jangan lupa untuk memasukkan pembayaran tagihan ke dalam pencatatan keuangan. Dari pembayaran ini Anda bisa melihat tagihan apa yang mengalami kenaikan atau pun tetap stabil.

Pengendalian keuangan harian yang tertata rapi akan sangat membantu Anda untuk melihat perkembangan untung rugi dari usaha yang dijalankan. Anda bisa menggunakan aplikasi Bukuwarung yang memiliki sistem data base terhubung, sehingga mempermudah pengerjaan laporan dan hasilnya juga akan akurat. Pengerjaan laporan bisa selesai pada waktunya.

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengendalikan Pengeluaran Menggunakan Keuangan Harian "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel